All About UKM CLOUD

Halo guyss, pada artikel kali ini kita bakal membahas tentang salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di Kalbis Institute. Dari sekian banyak UKM yang ada di kampus, kelompok kita sepakat untuk membahas UKM CLOUD (Cinematography is Life Of Universal Dream) yaitu UKM Film.

Kenapa sih kita milih UKM ini? Karena setelah diskusi yang cukup panjang, diantara UKM yang lain, CLOUD sangat menarik perhatian kita semua untuk dijadiin bahan tulisan. By the way, sebelum kita membahas tentang CLOUD, kita mau memberikan sedikit info nih untuk kalian semua. Jadi, di Kampus kita itu ada 14 UKM yaitu:

Unit Kegiatan Kemahasiwaan (UKM)

  1. UKM Basket (Basket Kalbis Institute)
  2. UKM Futsal (Futsal Kalbis Institute)
  3. UKM Tenis Meja (Tenis Meja Kalbis Institute)
  4. UKM Taekwondo (Racata)
  5. UKM Paduan Suara (Parakalbira)
  6. UKM Modern Dance (TROOPERS)
  7. UKM Tari Tradisional (D’VENUS)
  8. UKM Band (Indie Kampus)
  9. UKM Public Speaking (CONFERO)
  10. UKM Fotografi (PORTAL)
  11. UKM Brigade Mahasiswa Siaga (BRIMAGA)
  12. UKM Cinematography Live is Our Dream (CLOUD)
  13. UKM Televisi (EVO)
  14. UKM Radio (VIBES)

Nah, itu dia UKM-UKM yang ada di kampus kita. Lanjut, disini kita bakal menjelaskan segalanya tentang CLOUD, dari hasil wawancara kelompok kita hari Senin, 7 Maret 2016 dengan Ketua CLOUD yaitu Bang Satrio. Siapa sih Bang Satrio ini? kita kenalan dulu yukk..

Doi adalah Satrio Armando Wicaksono, akrab disapa Satrio, hobinya nonton film dan memiliki cita-cita menjadi seorang Sutradara Film. Wiiss gokil ga tuh.. Selama kepengurusan UKM ini, doi ditemani oleh Andreas Kurnia yang menjabat sebagai Sekretaris dan Riza M Bento sebagai Bendahara.

satrio1

Sejarah CLOUD

Cloud di dirikan pada tahun 2014 dan sudah diketuai oleh Bang Satrio. Sebelumnya, CLOUD adalah hasil dari pecahan UKM terdahulu yang bernama MRT (Movie, Radio, Televisi). Namun karena adanya masalah dalam finansial, maka MRT ini terpecah menjadi 3 UKM, yakni CLOUD (Film), VIBES (Radio), dan EVO (Televisi).

IMG_7109

Berikut hasil wawancara kami dengan Bang Satrio:

Apa arti nama CLOUD?

CLOUD itu adalah akronim, yaitu Cinematography is Life Of Universal Dream.

Apa alasan dibentuknya UKM ini?

Karena, semakin menjamurnya orang-orang yang cinta akan film di kampus ini. Disinilah alasan CLOUD terbentuk, yaitu untuk mewadahi orang-orang yang cinta akan film. Kegiatannya kita sama-sama belajar cara membuat film, sharing, dll.

Apa saja kesulitan yang dihadapi CLOUD?

Hmm.. kesulitannya yaitu mengatur anggota sih. Karena banyak orang kreatif yang berkumpul jadi satu, memiliki pemikiran yang berbeda-beda dan kritis. Disini tantangannya, bagaimana caranya untuk menyatukan suara dan ide kita untuk suatu hal tertentu.

Sudah berapa jumlah film yang telah dihasilkan?

Ada sekitar 10-an, banyak sih.. kalian bisa liat film-film kita di channel Youtube Cloud Kalbis. Yang baru-baru sih, angkatan 2015 sudah membuat 2 film pendek dengan tema yang berbeda. Kayak waktu itu, tugas film pertama mereka bikin film pendek dengan tema yang bebas. Terus yang kedua, kita (pengurus Cloud) kasih tema dengan memberikan 1 kata, misal; Hujan, Bias, Bayang,dll. Tema film itu mereka kembangin buat dijadiin film.

Apa saja prestasi yang sudah diperoleh?

CLOUD pernah juara 1 di Al-Azhar yaitu lomba iklan layanan masyarakat. Terus Juara 2 lomba Film pendek di Bogor, dan 3 bulan yang lalu CLOUD menang lomba diacara internal kampus yaitu acara COIN (Community Insight) yang diadain oleh HIMIK (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi). Film CLOUD dapet juara 1 yang judulnya JAKARTA ITU.. sama juara 3.

Apakah ada project yang sedang dijalani?

Hmm ada, CLOUD lagi syuting film besar yaitu film 30 menit yang judulnya Vida Santos. Sekarang lagi proses syuting. Film ini bakal kita putar waktu acara CLOUD juga yang bakal diadain tanggal 30 Maret 2016, bertepatan dengan hari Film Nasional. Ikutt nonton yahh…

 

Nahhhhh itu dia sedikit wawancara kita dengan ketua CLOUD, Bang Satrio. Wah kita jadi penasaran nih sama project film 30 menitnya.

IMG_7106

Kiri-Kanan: Hose, Bang Satrio, Prihantanto, Apri, Indra, Fauziah.

See you~

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s